Tugas_8b Mengenal Fungsi Dari Keyboard

 

Salam Sobat Maulidya Irawati selamat berjumpa kembali dengan saya,kali ini saya menjelaskan tentang fungsi dari Keyboard.


Fungsi


Fungsi Keyboard sebagai input pada komputer maupun laptop. keyboard merupakan perangkat input yang berfungsi untuk memasukkan data ke dalam komputer. Adanya keyboard ini membantu pengguna komputer untuk memasukkan data sehingga data dapat diolah lebih lanjut dalam komputer.

Keyboard ini tak hanya dapat ditemukan dalam suatu komputer, namun juga dapat ditemukan dalam laptop. Namun begitu, keyboard komputer dengan keyboard laptop memiliki perbedaan meski secara garis besar memiliki fungsi yang sama.


Mengenal Fungsi Keyboard sebagai Perangkat Input pada Komputer Maupun Laptop


Mengutip dari dalam Pedoman Perawatan dan Perbaikan Komputer dalam Pendidikan Kejuruan, Ahmad Mursyidun Nidhom (2019: 2) terdapat beberapa perangkat input yang paling utama digunakan pada komputer. Salah satunya adalah keyboard.

Keyboard merupakan perangkat input yang berfungsi untuk memasukkan data ke dalam komputer. Keyboard dapat didefinisikan pula sebagai suatu perangkat keras komputer yang terdiri dari tombol-tombol yang berfungsi untuk memasukkan perintah dan data ke dalam sistem komputer.

Mengutip dari dalam buku berjudul Cara Mudah Mengenal dan Membedah Laptop yang ditulis oleh D. Hendrick Mulyana (2015: 25) memaparkan bahwa keyboard merupakan komponen laptop untuk memasukkan data atau memberikan perintah dalam laptop. Hal ini juga berlaku bagi keyboard atau papan ketik yang ada pada komputer.


Perbedaan Keyboard Laptop dan Komputer


Bentuk dari keyboard laptop sama seperti keyboard dalam komputer dan memiliki fungsi yang sama pula. Bedanya, pada komputer keyboard merupakan komponen yang terpisah, sedangkan pada laptop merupakan satu bagian dalam badan laptop dan keyboard mengisi hampir sebagian tampilan laptop.

Seiring dengan perkembangan zaman, keyboard pada laptop juga mengalami pembaruan. Kini umumnya laptop dilengkapi dengan fitur keyboard yang dapat ditampilkan pada layar laptop. Keyboard yang ditampilkan pada layar laptop ini biasa dikenal dengan sebutan On Screen Keyboard.

Umumnya, fitur keyboard satu ini termasuk fitur bawaan dari sistem operasi yang digunakan laptop. Fitur On-Screen Keyboard dapat dimanfaatkan pengguna sebagai alternatif saat keyboard fisik mengalami kerusakan. On-Screen Keyboard dapat diaktifkan melalui menu pengaturan komputer atau settings.


Pengertian Keyboard


Keyboard adalah perangkat keras yang digunakan pada komputer atau laptop untuk memberikan akses pengguna dalam mengetik dan memberikan instruksi melalui tombol-tombol yang tersedia.

Ada berbagai jenis-jenis keyboard di pasaran dengan bentuk dan kegunaan yang berbeda. Simak apa saja perbedaan dari setiap jenis keyboard laptop dan komputer pada artikel berikut:


Bagian Utama Keyboard


Keyboard memiliki 4 bagian utama yaitu:


  • Typewriter Key: tombol yang memiliki fungsi mengetik huruf maupun yang berkaitan dengan menulis seperti capslock, enter, dan lainnya.
  • Numeric Key: tombol yang memiliki fungsi mengetik simbol dan angka
  • Function Key: tombol yang memiliki fungsi mempermudah pekerjaan.
  • Special Function Key: tombol yang memiliki fungsi spesial ketika digabungkan dengan tombol lainnya.


Jenis keyboard  


Jenis keyboard dibagi menjadi dua bagian yaitu berdasarkan tombol dan bentuk. Berikut adalah jenis-jenis keyboard laptop dan komputer yang ada di dunia.



Jenis-Jenis Keyboard Berdasarkan Tombol

Keyboard Qwerty


Nama QWERTY diambil dari 6 huruf pertama yang berurutan pada baris kedua tombol alfanumerik. Keyboard ini adalah tipe standar keyboard yang digunakan pada perangkat.

Keyboard Maltron Keyboard Maltron dirancang khusus untuk jari dalam posisi mengetik agar tak membentuk garis lurus sehingga nyaman digunakan. Bentuk keyboard ini cekung ke dalam dan tidak mudah rusak.

Keyboard Chord Keyboard Chord terdiri dari dua jenis yaitu Keyboard Palantype dan Keyboard Stenotype. Palantype terdiri dari konsonan awal kelompok di bagian kiri, konsonan tengah untuk vokal dan konsonan terakhir di bagian kanan. Stenotype biasanya digunakan oleh wartawan untuk mencatat hasil wawancara dengan cepat.

Keyboard Drovak Keyboard Drovak disusun secara khusus dengan 70% penekanan pada home row.

Keyboard Alphabetic Keyboard ini menyerupai keyboard QWERT dan Drovak. Susunannya berurutan seperti huruf alfabet, tapi proses mengetik jadi lebih lambat sehingga jarang digunakan.

Keyboard Numeric Keyboard Numeric digunakan untuk memasukkan angka. Orang lebih menyukai tombol ini jika harus memasukkan bilangan yang besar karena letaknya mudah dijangkau sehingga nyaman digunakan.

   Sekian lah informasi yang dapat saya jelaskan tentang fungsi dari Keyboard tersebut,dan mohon maaf apabila ada kekurangan/kesalahan 🙏🏻🙏🏻.Salam Sobat Maulidya Irawati dan selamat membaca.


 





 



Komentar

Postingan populer dari blog ini

8b_Materi Pelajaran Semester Ganjil Kelas VIII

7b_Aplikasi Tambahan Yang Dipasang Di Hp_Q

Tugas_8b Aplikasi Aplikasi Populer